Sabtu, 24 Desember 2011

Menghindarkan diri Dari dosa dan Berbuat Kebaikan

subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar
Menghindarkan diri dari dosa adalah langkah pertama, tetapi langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah melakukan kebaikan dan mengerjakan ibadah serta taat kepada Allah taala. Apaila manusia selamat dari dosa-dosa dan beribadah kepada Allah, maka hatinya akan dipenuhi oleh berkah-berkah. dan itulah tujuan kehidupan manusia.

Lihat jika sehelai kain terkena kotoran, maka sekedar membasuhnya saja bukanlah suatu hal yang berarti. Hendaknya kain itu pertama-tama dibasuh dengan sabun’ kotorannya dikeluarkan lalu dibersihkan. Dan kemudian di beri pengharum supaya siapa saja yang melihatnya akan menjadi senang. seperti itu jugalah keadaan qalbu(hati) manusia. Akibat kotoran-kotoran dosa dia menjadi tidak bersih, memuakkan dan berbau busuk dan menggu mahluk sekitarnya.
Jadi pertama-tama hendaknya kotoran-kotoran dosa itu dibasuh dengan Taubah dan istighfar. Dan mintalah  taufik/karunia dari Allah Swt supaya dapat  senantiasa menghindarkan diri dari dosa-dosa. Kemudian selain itu, selalulah melakukan zikir Ilahi, dan penuhilah qalbu dengan hal itu. dengan cara itu proses mencapai Allah (suluk) pun akan menjadi sempurna. Dan tanpa itu adalah seperti tamsil tadi, yakini sekedar membasuh kotoran saja. Akan tetapi selama kondisinya belum demikian - yakni qalbu dibersihkan dari segala macam akhlak buruk dan hina lalu qalbu itu disiram dengn wangi-wangian zikir Ilahi dan aroma wangi muncul dari dalam - maka selama itu pula hendaknya jangan berprasangka buruk terhadap Allah taala dan terhadap diri kita sendiri. Namun apabila kondisi kita telah menjadi demkian, maka sama sekali tidak akan timbul lagi prasangka buruk serta keraguan...
sekarang mari  sama kita membersihkan diri dan hati dengan dzikir dan beribadah kepada Allah Swt insyaallah akan di jabahi amal baik kita Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar